Soal Mengelola Keterampilan Dasar Komunikasi Pilihan Berganda
Berikut ini sepuluh soal pilihan berganda untuk mata pelajaran produktif administrasi perkantoran Mengelola Keterampilan Dasar Komunikasi. Semoga dapat menjadi tambahan soal bagi kita semua...
- Tahap mentransfer ide ke lambang-lambang yang dilakukan oleh komunikator adalah...
A. encoding
B. decoding
C. transfering
D. transmiting
E. responding - Komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan orang lainnya disebut komunikasi...
A. massa
B. intrapersonal
C. interpersonal
D. pribadi
E. langsung - Bila feedback yang diberikan komunikan tidak sesuai dengan harapan komunikator, feedback yang demikian disebut...
A. salah
B. tidak efektif
C. tidak tepat
D. meleset
E. negatif - Untuk menunjang efektivitas komunikasi saat melakukan sosialisasi "Pemberantasan Sarang Nyamuk" di masyarakat, jenis media yang paling tepat adalah...
A. visual
B. audio
C. kinetik
D. audiovisual
E. audio kinetik - Nomor yang harus ditekan ketika akan melakukan hubungan interlokal, adalah...
A. nomor tujuan
B. nomor tujuan + nomor kode wilayah
C. nomor tujuan + nomor kode wilayaha + nomor kode negara
D. nomor kode wilayah + nomor tujuan
E. nomor kode negara + nomor wilayah + nomor tujuan - Bila pada suatu kantor hanya memiliki lini telepon terbatas sementara dikehendaki untuk dapat dipergunakan di seluruh bagian yang ada, alat yang digunakan yaitu...
A. aiphone
B. faksimile
C. telephone answering machine
D. teleks
E. switchboard - Komunikasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan, seperti pemberian perintah dan teguran, termasuk dalam komunikasi...
A. horizontal
B. vertikal
C. formal
D. nonformal
E. dinas - Bila pimpinan ada di tempat tetapi tidak mau menerima telepon, jawaban yang paling tepat disampaikan kepada penelepon adalah...
A. "maaf pimpinan kami tidak berkenan"
B. "maaf pimpinan kami sedang sibuk"
C. "maaf pimpinan kami sedang dinas diluar, bisakah Anda telepon kembali besok?"
D. "maaf, saat ini pimpinan kami sedang tidak mau diganggu, bisakah anda menunggu beberapa saat lagi?"
E. "maaf sepertinya saat ini kurang tepat, sebaiknya Anda menelepon lagi di lain waktu?" - Berikut ini etika yang kurang tepat dalam melayani penanganan telepon, yaitu...
A. angkat telepon setelah dering ketiga
B. ucapkan salam, identitas, dan tawarkan bantuan dengan sopan dan ramah
C. menyimak dengan baik pembicaraan penelepon
D. tutuplah pesawat telepon setelah yakin benar bahwa penelepon telah menutupnya
E. hindari ucapan "halo" pada saat mengangkat telepon - Agar panggilan telepon berjalan dengan efektif, persiapan yang dilakukan adalah...
A. tekan nomor yang dituju dengan teliti
B. sebutkan nama yang akan diajak bicara
C. buatlah catatan kecil tentang pokok permasalahan yang akan dibahas
D. segera menyebutkan identitas
E. bicara dengan tenang, lugas, dan jelas
Komentar
Posting Komentar